- Perbandingan E-Commerce di Indonesia Berdasarkan Hasil Monitoring dan Evaluasi
Blibli
- Harga Produk relatif, tergantung produk yang di jual
- Produk yang tersedia jenis dan kuantitasnya terbatas
- Pengiriman gratis keseluruh indonesia, namun untuk barang-barang tertentu (ukuran besar) tetap dikenakan biaya
- Barang-barang yang disediakan, dijual, dan dikirim langsung kemasannya sudah bagus, kokoh, rapi. Sedangkan untuk barang yang dijual pihak ketiga (supplier partner mereka) biasanya kemasannya seadanya, sehingga rawan rusak dalam pengiriman
- Banyak pilihan pembayaran. Pembayaran menggunakan kartu kredit tertentu dengan cicilan 0% sangat mudah proses aplikasinya sebelum proses pembayaran dilakukan. Pembayaran lebih mudah dengan klik lama cicilan tanpa harus menuliskan kembali data kartu kredit secara manual
- Kadang terjadi error saat mengakses halaman web
- Memberikan diskon maupun voucher yang menarik
Lazada
- Harga Produk relatif, tergantung produk yang di jual
- Lebih banyak menyediakan produk dari segi jenis maupun kuantitas
- Pengiriman gratis untuk kawasan Jabodetabek
- Barang-barang yang disediakan, dijual, dan dikirim langsung kemasannya sudah bagus, kokoh, rapi. Sedangkan untuk barang yang dijual pihak ketiga (supplier partner mereka) biasanya kemasannya seadanya, sehingga rawan rusak dalam pengiriman
- Proses pembayaran harus menulis/mengajukan aplikasi pembayaran cicilan dengan kartu kredit yang diisi secara manual setelah pembayaran dilakukan
- Proses pembayaran harus menulis/mengajukan aplikasi pembayaran cicilan dengan kartu kredit yang diisi secara manual setelah pembayaran dilakukan
- Akses website lebih cepat dan jarang terjadi error
- Memberikan diskon maupun voucher yang menarik
Tokopedia
- Memberikan harga grosir jika membeli dalam kuantitas tertentu
- Lebih banyak menyediakan produk dari segi jenis maupun kuantitas
- Tokopedia bermitra dengan JNE, perhituangn tarif JNE bukan per-kota tapi per-kecamatan (kecuali kota besar seperti Jakarta dan Surabaya), jadi dalam satu kota yang sama tarif satu kecamatan dapat berbeda dengan kecamatan lain
- Tidak menerima pembayaran dengan kartu kredit. Tokopedia melayani pembayaran dengan mandiri clickpay, ecash mandiri, Klikpay BCA, Transfer manual bank, dan saldo tokopedia
- Memiliki fitur Tokopedia TopAds untuk mempromosikan toko ataupun produk penjual serta memungkinkan toko dan produk yang di jual dapat dilihat oleh lebih banyak pembeli. Terdapat monitoring data transaksi dan testimoni
Bukalapak
- Harga produk fleksibel, tergantung hasil nego harga pembeli dan penjual
- Lebih banyak menyediakan produk dari segi jenis maupun kuantitas serta menyediakan produk baru dan bekas
- Perhitungan ongkos kirim otomatis karena sistem akan otomatis menghitung ongkos kirim yang harus di bayar oleh pembeli
- Tidak menerima pembayaran dengan kartu kredit.Bukalapak menerima pembayaran dengan mandiri clickpay, Klikpay BCA, Cimbclicks Niaga, Transfer manual bank, dan buka dompet (saldo bukalapak)
- Prioritas di mesin pencarian (SEO).Pengunjung tidak dapat melihat tanggal postingan kapan terakhir diunggah pada website
Mataharimall
- Harga produk lebih murah dari pada department store lain
- Perlunya konfirmasi secara manual dan mengunggah bukti transfer yang sangat menyulitkan konsumen. Pelayanan lamban bahkan hanya untuk mengirim konfirmasi penerimaan pembayaran
- Banyak pilihan cara pembayaran saat memilih metode pembayaran transfer ecara bank transfer. Ada pilihan cicilan 0% selama 3 bulan, 6 bulan atau 12 bulan untuk setiap produk dengan kartu kredit mandiri
- Tampilan website cukup menarik, tetapi kategori produk masih kurang baik. Adanya fitur search & filter produk, konsumen dapat mengetik brand produk atau jenis produk yang di inginkan maka semua produk yang sesuai dengan pilihan akan di tampilkan
- Menyediakan voucher diskon yang sangat besar
Berdasarkan
hasil evaluasi dan monitoring, menurut saya e-commerce yang paling
bagus adalah lazada.com karena memberikan kenyamanan kepada konsumen
dan banyak kemudahan yang di berikan kepada konsumen seperti dapat
kita lihat pada tabel referensi di atas
- Strategi Pemasaran pada E-Commerce yang Efektif untuk Semua Kalangan
- Pembayaran Tiap Kunjungan Iklan
- Search Engine Optimization (SEO)
- Promosi Lewat Sosial Media
- Manfaatkan Blog dan Forum
- Menggunakan Siaran Pers dan Newsletter
- Jaringan dari pelanggan
- Membangun hubungan baik dengan para pelanggan (keep contact)
- Menggunakan website yang efektif
Strategi
pemasaran yang efektif untuk semua kalangan yaitu promosi lewat media
sosial karena sekarang ini sosial media begitu dekat dengan kehidupan
manusia. Setiap hari, hampir semua orang mengakses sosial media dan
saat ini terdapat begitu banyak sosial media. Sosial media adalah
wadah di mana kita dapat memasarkan bisnis secara mudah dan tentunya
gratis. Situs-situs seperti Facebook atau Twitter memiliki jutaan
pelanggan, ini artinya kesempatan untuk berbisnis sangatlah besar.
Bayangkan saja, misalkan dalam sehari ada 1.000 orang yang mengakses
Facebook, bukan hal yang mustahil kita akan mendapatkan 100 calon
pelanggan di waktu sehari saja.
- Pialang / broker terbaik dan cara kerjanya
Ada
beberapa pialang atau broker seperti Orbitz, ChemConnect, CarsDirect,
Respond.com, Priceline-com, Escrow.com, MySimon, Amazon.com,
Chitika.com, Reviewmu.com, PayPal
Dari
sekian banyak pialang / broker, menurut saya broker yang paling
bagus adalah eBay. Ebay merupakan situs lelang dan broker yang
mempunyai member sangat banyak dan tersebar di banyak negara.
Keuntungan bagi pengiklan yang berniat menjual produknya di ebay
adalah ebay menyediakan tools yang memungkinkan pengiklan memanage
produknya secara berkala.
Sistem
kerja eBay (dropship seller dengan target pemasaran ke luar negeri) :
Jika
kita menggunakan dropship, kita hanya membuatkan designnya saja
kemudian kita bekerja sama dengan pabrik baju di amerika atau di
negara-negara dekat sana untuk membuatkan baju dengan design dari
kita. Kemudian barang tersebut dikirim ke alamat tujuan. Kita tinggal
membayar ongkos darinya. Jadi apa yang kita lakukan adalah menerima
uang dari pembeli dan mendistribusikannya ke dropseller sebagian,
sebagiannya lagi masuk kantong
Sistem
kerja eBay (lelang) :
- Potensi bisnis di BandungBandung atau di kenal dengan nama kota kembang menyediakan peluang untuk menjalankan usaha yang menguntungkan baik itu usaha dengan skala kecil sampai besar, sebabnya kota ini adalah salah satu kota terbesar di Jawa Barat. Selain itu Bandung juga kini banyak di jadikan tujuan wisata dari kota-kota disekitarnya seperti Jakarta, Bogor, Cianjur dan sebagainya. Diantara bidang usaha yang berpeluang menguntungkan di kota Bandung :
- Usaha Bidang Fashion
- Usaha Bidang Kuliner
- Usaha Bidang Kerajinan Tangan (Handmade)
- Usaha Bidang bimbingan belajar
Melihat
potensi bisnis di Bandung yang cukup bagus, saya berkeinginan untuk
mencoba usaha di bidang fashion atau kuliner. Untuk usaha di bidang
fashion, kita bisa mempertimbangkan usaha membuka toko pakaian di
daerah yang banyak terdapat banyak wisatawan seperti daerah Dago,
Cihampelas, jalan Riau dan lain-lain. Untuk usaha di bidang kuliner,
kita bisa mempertimbangkan untuk membuat kuliner unik yang harganya
terjangkau untuk semua kalangan atau mengangkat kuliner dengan tema
traditional taste.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar